Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

Bimbingan Tekhnik SIstem Keuangan Desa (SISKeuDes)


 
Siskeudes 
(Sistem Keuangan Desa)
 

Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) adalah sebuah aplikasi yang berjalan pada OS Windows dengan database Microsoft Access yang dikembangkan oleh BPKP sebagai sarana membantu pemerintahan desa dalam rangka mengimplementasikan UU Nomor 6 Tahun 2016. Aplikasi Siskeudes sebelumnya bernama Simda-Desa, yang pada awalnya dikembangkan oleh perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat sebagai proyek  percontohan di lingkungan BPKP pada bulan Mei 2015. Aplikasi Simda-Desa ini telah di iplementasikan secara perdana di pemerintah Kabupaten Mamasa pada bulan Juni 2015. 

Keberhasilan atas pengembangan aplikasi Simda-Desa ini selanjutnya diserahkan kepada Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah setelah melewati tahapan Quality Assurance (QA) oleh Tim yang ditunjuk. Terhitung mulai tanggal 13 Juli 2015 pengembangan aplikasi Simda-Desa ini telah diambil alih penanganan sepenuhnya oleh Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP Pusat di Jakarta. 

Dasar Dasar Pengembangan Siskeudes :

  1. UU RI Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  2. PP Nomor 43 Tahun 2014 juncto PP Nomor 47 Tahun 2015 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa;
  3. PP Nomor 60 Tahun 2014 juncto PP Nomor 22 Tahun 2015 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN;
  4. Permendagri Nomor 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa;
  5. Permendagri Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa; dan
  6. PMK Nomor 247 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pengalokasian, Penyaluran, Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Desa.


Kegiatan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tahun 2017
 
Fitur Fitur Siskeudes :

Fitur-fitur dalam aplikasi Siskeudes sangat sederhana dan user friendly sehingga mudah untuk dioperasikan oleh para penggunanya, diawali dengan proses penginputan APBDes, dapat menghasilkan output berupa dokumen-dokumen, antara lain :

Dokumen Penatausahaan :
•    SPP (Surat Permintaan Pembayaran);
•    SPTJB (Surat PernyataanTanggung Jawab Belanja);
•    SSP (Surat Setoran Pajak);
•    SPJ dan Bukti-bukti (Bukti Setoran, Bukti Penerimaan, Bukti Pencairan dll);
•    dan lain-lain.

Dokumen Pelaporan
•   Laporan Penganggaran (Perdes APB Desa, RAB, APB Desa per sumber dana);
•   Laporan Penatausahaan (Buku Kas Umum, Buku Bank, Buku Pajak, Buku Pembantu, dan Register); dan
• Laporan Pembukuan (Laporan Bulanan, Laporan Triwulanan, Laporan Semesteran, Laporan Kekayaan Milik Desa dan Laporan-laporan Realisasi Penggunaan Anggaran)


Kelebihan-kelebihan menggunakan Siskeudes :
1.    Sesuai Peraturan;
2.    Memudahkan Tata kelola Keuangan Desa;
3.    Kemudahan Penggunaan Aplikasi;
4.    Dilengkapi dengan Sistem Pengendalian Intern (Built-in Internal Control); dan
5.    Didukung dengan Petunjuk Pelaksanaan Implementasi dan Manual Aplikasi. 
 


Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kemampuan bendahara desa dalam mengelola keuangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor menyelenggarakan kegiatan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) Tahun 2017, bertempat di salahsatu hotel di kawasan Megamendung, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Senin hingga Rabu 27-29 Maret 2017. 

Tujuan diadakan pelatihan ini untuk memberikan wawasan, pengetahuan, serta kemampuan tentang tata cara pengelolaan keuangan desa dan aplikasi sistem keuangan desa kepada para bendahara desa se-Kabupaten Bogor. Kegiatan ini, di ikuti oleh oleh 417 bendahara desa dari 39 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Masing-masing desa mengirimkan satu orang peserta yakni, bendahara desa. 

Peserta dibagi menjadi lima angkatan dengan menghadirkan narasumber dari DPMD dan Badan Pemeriksa Keuangandan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Barat dan BPKP Pusat yang akan memberikan pelatihan teknis dan sekaligus menginput data aplikasi sistem keuangan desa. Dalam kegiatan ini, para peserta membawa APBDes dan laptop masing-masing untuk menginput data secara online dan offline.  
(*)
 
 
 
 
 
 
Pelatihan Pengelola dan Pemelihara 
Badan Pengelola Sarana Air Bersih 
(BPS–AB)
 

Pelatihan Pengeloladan Pemelihara Badan Pengelola Sarana Air Bersih (BPS–AB) ini menghadirkan narasumber yang praktis dan aplikatif dibidang air bersih. Adapun pemahaman yang diberikan kepada peserta BPS-AB, meliputi; Kebijakan Pemerintah Kabupaten Bogor dalam Pengelolaan Sarana Air Bersih, Mekanisme Pembangunan Sarana Air Bersih, Proses Survey dan Penentuan Lokasi Sarana Air Bersih, Manajemen Pengelolaan Sarana Air Bersih, Teknik Konstruksi Sarana Air Bersih dengan Sistem Mata Air ataupun Sistem Sumur Bor dan Teknis Pengelolaan Konstruksi Sarana Air Bersih, sehingga peserta dapat mengerti konsep pengelolaan air bersih yang efektif. 


BPS-AB merupakan ujung tombak bagi pelayanan air bersih masyarakat dan BPS-AB juga merupakan sentra layanan informasi yang terdepan tentang Pembangunan sarana Air Bersih, sehingga diharapkan BPS-AB dapat bekerja secara Profesional. 
 
Pelatihan ini memberikan penerangan dan informasi kepada calon pengurus BPS-AB tentang pemberdayaan serta sosialisasi kepada masyarakat, pentingnya air bersih bagi kehidupan, hal ini juga dikuatkan dengan  film animasi yang menceritakan bagaimana mahal dan susahnya air di 60 tahun mendatang apabila generasi sekarang tidak mengelola dengan baik dan benar.  

Pelatihan ini juga menjelaskan pengelolaan air dengan sistem meterisasi, dimana sistem meterisasi ini adalah setiap pengguna atau pemakai air diharuskan memakai meter air. Sistem keadilan itu berjalan dimana warga yang menggunakan air lebih banyak dapat di hitung dengan meter air dan demikian sebaliknya. Disamping itu, BPS-AB juga memberikan Bimbingan Teknis tentang Manajemen Pengelolaan BPS-AB, yang nantinya akan bertanggung jawab dalam pengelolaan sarana air bersih yang sedang dibangun. 

Dengan sasaran kegiatan Pengurus memahami peran dan fungsinya sebagai pengurus BPS-AB dan Pengurus mempunyai persamaan persepsi dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan di desa, khususnya dalam pengelolaan sarana air bersih perdesaan.  Pengurusdan Pemerintah Desa dapat membentuk dan dikelola oleh BUMDes untuk kesejahteraan masyarakat. 

Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, dengan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakatdan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, yang dilaksanakan pada 18 April 2017 bertempat di Taman Teratai Hotel, Cisarua, Kabupaten Bogor. 
 
Kegiatan Pelatihan Pengeloladan Pemelihara Badan Pengelola Sarana Air Bersih
 




Kalender Kegiatan

NOV
14
Pembinaan Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES)

JADWAL PELAKSANAAN PEMBINAAN PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES)

Lokasi : RUANG RAPAT BPMPD KABUPATEN BOGOR
AUG
24
Pembinaan Penyusunan RPJMDes dan RKPDes di 39 Kecamatan

RABU, 24 AGUSTUS 2016

TAJURHALANG                     …
Lokasi : Kantor Kecamatan

MEI
09
penyelenggara pelatihan aplikasi siskuedes/simda Bagi Bendahara Desa

Peserta bintek berdahara desa 39 kecamatan 417 desa

 

 


Lokasi : Hotel Taman Aer Jalan raya Puncak Megamendung Bogor
MEI
03
Penyelenggaraan Pelatihan Penyusunan Dan Pendayagunaan data Profil Desa/Kelurahan Tahun 2016

Hari/Tanggal     : Selasa - Rabu, 03 s/d 04 Mei…
Lokasi : Hotel Puri Ayuda Resort Jl. Raya Puncak Cipayung Sirnagalih Megamendung Bogor.

APR
25
JADWAL SELEKSI TEGAR BERIMAN AWARDS

PELAKSANAAN SELEKSI RT/RW SEKABUPATEN BOGOR

Dalam Rangka Pelaksanaan Seleksi Ketauladanan


Lokasi : Ruang Rapat BPMPD Kabupaten Bogor
PROFIL DESA  DAN  KELURAHAN KABUPATEN BOGOR
SIPEDES
2017 © Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa