Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

CILEBUT - Keberhasilan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Cilebut Barat Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor menjadi contoh berbagai pemerintahan Desa baik di Kabupaten Bogor maupun di tingkat Nasional.

Hal itu, terbukti dengan banyaknya pemerintahan Desa maupun para SKPD yang berasal dari Provinsi lain yang datang untuk belajar banyak tentang Pengelolaan serta penerapan usaha yang bersentuhan langsung ke masyarakat. 

Kepala Desa Cilebut Barat, Muhadi menerangkan, untuk mencapai keberhasilan tersebut tidak semudah yang dibayangkan oleh berbagai pihak. Karena butuh waktu dan usaha yang telaten. Maka tidak jarang diberbagai kesempatan baik dalam pengajian, pertemuan bahkan diwarung-warung dirinya melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna jasa kereta api untuk menitipkan motornya di kantor Desa Cilebut Barat.

"Jika menitipkan motor di Desa Cilebut Barat, ada salah satu keuntungan tersendiri bagi masyarakat. Karena berdasarkan ADART yang ada, hasil pengelolaan Bumdes ini dibagi untuk penguatan modal usaha masyarakat, kegiatan sosial dan pengurus. Jadi, Bumdes ini Benar-benar dikelola dari masyarakat, oleh masyarakat, untuk masyarakat."Terang Muhadi saat ditemui di ruang kerjanya.

Dikatakannya, adapun berbagai keuntungan bagi masyarakat dalam hal meminjam dana untuk modal usahanya yakni tidak terbebani oleh bunga yang tinggi dan berbagai persyaratan seperti jaminan berupa sertifikat tanah atau administrasi lainnya. "Disini, si pemijam tidak perlu menggadaikan surat tanah dan lainnya, hanya photo copy KTP, KK serta kesepakatan kedua belah pihak antara suami istri. Adapun sistem pinjaman tersebut yaitu sistem bagi hasil yakni 10 persen dari keuntungan si peminjam," jelasnya.

Selain itu, lanjut Muhadi, jika terjadi keterlambatan untuk membayar pinjamannya, masyarakat juga tidak terbebani oleh denda yang berlipat ganda tetapi tetap 10 persen dari bagi hasil tersebut. "Contoh lainnya yaitu, jika si peminjam meninggal selama masih ada tunggakan, maka pihak keluarga (Suami/Istri) cukup membayar pokoknya saja," tambah Muhadi.

Agar usaha yang di kelolanya ini terus berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Cilebut Barat Khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Kedepan, Bumdes ini akan dikembangkan lagi dengan melebarkan sayapnya.

"Rencananya sih ingin buka pusat Grosir sembako serta spare part sepeda motor, ini sesuai banyaknya permintaan masyarakat terlebih para tukang ojek yang ada di sekitar statsiun Cilebut," ujar Kades yang juga warga asli Cilebut Barat.

Diakuinya, keberhasilannya dalam mengelola BUMDes ini juga tak lepas dari campur tangan Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD).

"Untuk itu, kami tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pihak Kecamatan dan BPMPD Kabupaten Bogor serta semua pihak yang telah mendukung sehingga Bumdes ini berjalan dengan baik." Pungkas Muhadi

.......ehmn...





Kalender Kegiatan

NOV
14
Pembinaan Penyusunan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES)

JADWAL PELAKSANAAN PEMBINAAN PENYUSUNAN ANGGARAN PENDAPATAN BELANJA DESA (APBDES)

Lokasi : RUANG RAPAT BPMPD KABUPATEN BOGOR
AUG
24
Pembinaan Penyusunan RPJMDes dan RKPDes di 39 Kecamatan

RABU, 24 AGUSTUS 2016

TAJURHALANG                     …
Lokasi : Kantor Kecamatan

MEI
09
penyelenggara pelatihan aplikasi siskuedes/simda Bagi Bendahara Desa

Peserta bintek berdahara desa 39 kecamatan 417 desa

 

 


Lokasi : Hotel Taman Aer Jalan raya Puncak Megamendung Bogor
MEI
03
Penyelenggaraan Pelatihan Penyusunan Dan Pendayagunaan data Profil Desa/Kelurahan Tahun 2016

Hari/Tanggal     : Selasa - Rabu, 03 s/d 04 Mei…
Lokasi : Hotel Puri Ayuda Resort Jl. Raya Puncak Cipayung Sirnagalih Megamendung Bogor.

APR
25
JADWAL SELEKSI TEGAR BERIMAN AWARDS

PELAKSANAAN SELEKSI RT/RW SEKABUPATEN BOGOR

Dalam Rangka Pelaksanaan Seleksi Ketauladanan


Lokasi : Ruang Rapat BPMPD Kabupaten Bogor
PROFIL DESA  DAN  KELURAHAN KABUPATEN BOGOR
SIPEDES
2017 © Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa